Modal Usaha Gratis dari Pemerintah 2018

Dalam membangun sebuah usaha, maka kita dituntut untuk memiliki modal usaha yang cukup. Modal usaha ini penting agar usaha yang kita jalankan tidak berhenti di tengah jalan. Untuk itu orang berlomba-lomba mendapatkan bantuan modal usaha dan setali tiga uang instansi perbankan juga berlomba-lomba untuk memberikan bantuan permodalan. Namun jika kita lebih cermat dalam mengamati lingkungan terutama di bidang politik dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Kita bisa mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah di tahun 2018 ini.

Ada banyak modal usaha gratis yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Namun mungkin tidak terpublish secara umum karena biasanya bersifat regional dan kelompok. Modal usaha gratis dari pemerintah 2018 yang dimaksud disini bukanlah berupa uang cash seperti modal usaha BRI Syariah yang bisa kita belanjakan, namun lebih ke bantuan modal usaha berbentuk fisik seperti bibit tanaman atau bibit ternak.

modal usaha gratis pemerintah 2018

Hal ini dikarenakan untuk mengurangi tingkat penyalah gunaan bantuan modal usaha yang diberikan pemerintah secara gratis. Karena bisa saja jika diberikan secara cash berbentuk uang, modal usaha gratis yang diberikan malah digunakan untuk membeli kebutuhan lain. Seperti bantuan langsung tunai yang dulu sering dibagikan di era presiden SBY.

Pemerintah dalam hal ini biasanya dilakukan oleh kementrian pertanian. Kementan memberikan bantuan modal usaha gratis guna mendukung kebijakan yang dicanangkan oleh Kementan itu sendiri. Seperti riset untuk mendapatkan bibit unggul yang dilakukan tim ahli Kementan. Untuk itu bibit perlu ditanam dalam jumlah tertentu untuk melihat hasil yang diberikan apakah sudah sesuai dengan tujuan awal riset.

Para petani akan diberikan sejumlah bibit yang kemudian akan dibudidaya dengan syarat mengikuti arahan dari Kementan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pembagian Modal Usaha Benih oleh Kementan 2018

Sebagai contoh adalah program perbenihan 2018 yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian. Pada tahun 2017 Kementrian pertanian memberikan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah kepada para Petani melalui Balitri. Modal usaha bibit yang diberikan berupa benih unggul tanaman kopi, kakao dan karet dengan jumlah sebanyak 1.518.100 benih.

Dengan diberikannya benih secara gratis kepada para petani diharapkan petani dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Dan hal ini termasuk salah satu upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Program Pembagian Bibit Ternak 2018

Program lain pemerintah yang juga melalui kementan memberikan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah berupa bibit ternak jenis unggas lokal. Bantuan yang diberikan ini direncanakan berjumlah yang mencapai 500.000 ekor. Uanggas ini direncanakan akan dibagikan kepada 4.000 rumah tangga yang termasuk dalam kategori miskin. Bantuan modal usaha gratis dari pemerintah ini akan dibagikan kepada kelompok usaha yang setiap kelompok terdiri dari 20 rumah tangga. MAsing-masing kelompok akan mendapatkan 1.000 ekor unggas atau senilai Rp. 50.000.000.

Ini adalah contoh modal usaha gratis dari pemerintah di tahun 2018. Memang sebagian dari kita mungkin belum begitu paham bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari pemrintah khususnya dari kementan. Langkah terbaik untuk mendapatkan bantuan modal usaha secara gratis adalah membentuk kelompok tani dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

Langkah selanjutnya melalui kelompok tani yang dibentuk, bisa mengajukan proposal bantuan benih atau bibit ke dinas pertanian. Semakin banyak anggota kelompok tani, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan bantuan modal usaha. Terlebih saat ini kita sudah mulai memasuki tahun politik. Tentu akan sangat banyak bantuan-bantuan modal usaha terutama dari pemerintah yang bisa kita dapatkan.

Yang terpenting adalah selalu update informai tentang kebijakan-kebijakan pemerintah. Khususnya kementrian Pertanian agar tidak telat informasi dari kelompok tani yang lainnya.