Cara Aman Melakukan Over Kredit di BAF

Bosan atau memang kesulitan masalah keuangan menjadi 2 dari beberapa motif yang bisa mendorong kita untuk melakukan over kredit kendaraan. Over kredit juga menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun karena minimnya pengetahuan tidak jarang over kredit yang dilakukan malah menimbulkan petaka bagi pemilik pertama. Mengapa demikian?

Masalah biasanya terjadi ketika over kredit dilakukan tanpa sepengetahuan pihak leasing dan pihak kedua yang melanjutkan leasing ternyata tidak menjalankan kewajibannya untuk melanjutkan angsuran atau bahkan melarikan kendaraan.

cara melakukan over kredit di baf

Berdasarkan Pasal 1365 BW menjelaskan bahwa “setiap perbuatan yang melawan hukum yang membawa kerugian kepada orang lain menyebabkan orang karena salahnya menerbitkan kerugian mengganti kerugian tersebut”.

Dari pasal ini kita bisa mengandaikan jika over kredit dilakukan tanpa pengetahuan pihak leasing maka kesalahan akan tetap berada di phak pertama. Karena take over yang dilakukan telah menyebabkan kerugian pada pihak leasing.

Lebih jelas dijelaskan pada Pasal 372 KUHP yang menjelaskan “barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.”

Oleh karena itu jika kita ingin melakukan over kredit kita harus melakukannya dengan hati-hati. Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum take over bisa dilakukan. Berikut ini cara aman melakukan take over di BAF:

  1. Tahu jelas tentang kondisi keuangan orang yang akan melakukan take over kredit kendaraan
  2. Menghubungi pihak leasing BAF jika akan melakukan take over
  3. Mempertemukan pihak kedua yang akan melakukan take over kendaraan dengan pihak leasing
  4. Selanjutnya pihak leasing akan melakukan survei kelayakan
  5. Jika disetujui pihak leasing maka buatlah surat perjanjian take over atau isi formlir prosedur take over yang disediakan BAF
  6. Terakhir yang paling penting adalah jujur tentang kondisi kendaraan saat mau melakukan take over kepada pihak kedua dengan disaksikan pihak leasing.

Dengan cara seperti ini maka kewajiban kreditur pihak pertama akan dicabut dan dilimpahkan kepada pihak kedua yang akan melanjutkan angsuran kredit.


loading...

Incoming search terms:

  • cara mau over credit motor di leasing BAF
  • SUKU BUNGA Kredit pinjaman pensiunan di BRI 2017 berapakah?
Cara Aman Melakukan Over Kredit di BAF | Master | 4.5